10 Tips dan Trik Manajemen Waktu Untuk Guru

0
25
10 Tips dan Trik Manajemen Waktu Untuk Guru
Administrasi Guru photo istockphoto

Gurusd.id – Semua guru sepertinya mengeluhkan hal yang sama, dan itu menjadi keluhan nomor satu “tidak ada cukup waktu dalam sehari untuk menyelesaikannya.” Pengaturan waktu adalah perjuangan untuk semua orang.

Sementara kita tidak dapat menambah jam pada hari-hari kita, kita dapat menggunakan beberapa tips dan trik sederhana untuk memanfaatkan sebagian besar waktu yang kita miliki.

Pengaturan waktu juga dapat menandakan kualitas diri seseorang. Dimana ketika seseorang memiliki Manajemen Waktu yang baik, maka kehidupan orang tersebut akan teratur.

Ketika mempunyai kehidupan yang tertaur dan rapi, maka semua hal dapat dilakukan dengan baik. Begitu pula sebaliknya.

Berikut ada beberapa tips dan trik untuk mengatur waktu untuk seorang guru.

Siapkan Tujuan Diawal dan Akhir Waktu

Pada setiap selesai belajar di malam hari, tuliskan apa saja yang telah dilakukan hari ini. Berikan centang pada daftar yang telah dibuat hari kemarin.

Setelah itu, tulislah tiga hal yang akan dilakukan keesokan hari.

Maka keesokan hari, tidak akan membuang-buang waktu yang ada. Karena hal-hal yang akan dilakukan sudah tersedia.

Membuat Daftar (List)

Membuat daftar terdengar begitu kuno, tapi anda akan terkejut bahwa ternyata banyak guru tidak menggunakan daftar tugas mereka dengan efektif.

Sehingga banyak sekali tugas yang dikejar diakhir waktu. Mengakibatkan terbengkalainya kegiatan-kegiatan yang lainnya. Padahal juga tidak kalah penting.

Ambillah daftar mingguan, apabila di sekolah anda tidak menggunakan hal ini, maka buatlah sendiri. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kebiasaan yang dilakukan.

Tulislah daftar apa saja yang akan dilakukan dalam satu minggu. Kemudian letakkan di tempat yang setiap saat anda melihatnya.

Dalam membuat daftar ini, ada baiknya untuk menulis di kertas dan menulis di aplikasi yang ada di smartphone atau PC yang digunakan.

Karena dengan begitu, Anda akan mempunyai salinannya. Jangan lupa juga untuk menuliskan waktu di dalamnya.

Gunakan Perencenaan (Planning)

Gunakan perencanaan ini akan menyelamatkan anda sebagai guru kedepannya. Karena ketika telah menggunakan perencanaan, maka semua dokumen penting dalam proses pembelajaraan akan terarsip dengan baik.

Jangan lupa setiap ada perubahan untuk menuliskan sebagai revisi. Serta jangan menghapus rencana sebelumnya.

Hal tersebut berguna untuk kedepannya. Saat hendak melihat rencana pembelajaran yang salah benar, maka anda mempunyai perbandingannya.

Sehingga untuk melakukan kesalahan di tempat yang sama akan terhindari.

Membuat perencanaan juga dapat membantu ketika guru sedang izin karena keperluan. Hal tersebut akan memudahkan bagi guru pengganti.

Karena semua sudah tertata rapi, sehingga guru pengganti tidak perlu kerepotan untuk bertanya sudah sampai mana proses pembelajaran hari tersebut.

Ketahui Suatu Batasan

Mengobrol dengan rekan kerja itu memang baik, dan itu bagus untuk membangun hubungan dengan mereka serta dapat memperkenalkan diri secara tidak langsung kepada orang sekitar.

Akan tetapi, seorang guru harus menetapkan batas-batas jika ingin menggunakan waktu dengan bijaksana.

Selama waktu perencanaan anda, atau kapan pun anda memiliki waktu luang dalam artian tidak memiliki jadwal mengajar, jangan ragu untuk menutup diri dari sekitar.

Tindakan sederhana ini merupakan salah satu bentuk Manajemen Waktu untuk guru  lakukan dan dapat menyelamatkan diri dari gangguan dan memungkinkan anda memiliki lebih banyak waktu untuk memeriksa beberapa hal dari daftar anda.

Kemudian jangan sungkan untuk berkata “Tidak,” ketika diajak untuk melakukan kegiatan yang tidak ada dalam daftar. Sesekali boleh, tetapi lebih baik jika dilakukan di luar jam kerja.

Karena ketika jam kerja, kemudian melakukan kegiatan diluar daftar. Maka akan mengurangi waktu anda.

Tentukan Skala Prioritas

Tidak semua kegiatan murid di hari itu harus dinilai. Beberapa tugas ada yang memang harus dinilai dengan angka Sementara ada beberapa tugas dinilai untuk mengukur kemampuan anak secara personal.

Untuk mengukur kemampuan secara personal ini yang memang membutuhkan perhatian khusus bagi seorang guru.

Karena selain nilai berupa angka, guru juga harus memahami sejauh mana perkembangan siswanya secara satu persatu. Gunakan penilaian matrix untuk melihat skala prioritas.

Gunakan Tema di Hari-Hari Tertentu

Ini adalah ide bagus untuk memberikan setiap hari tertentu “tema”. Misalnya, hari senin mungkin “perencanaan pelajaran”, selasa mungkin “mengumpulkan bahan”, hari rabu mungkin “menilai”, kamis mungkin “pengajuan dan organisasi”, dan jumat dapat menjadi “mengejar ketinggalan”, dan lain sebagainya.

Tema adalah cara yang bagus untuk memastikan anda tetap fokus pada satu tugas pada suatu waktu dan membereskan segala sesuatu.

Karena ketika kita fokus melakukan sesuatu, maka akan mendapatkan hasil yang maksimal. Selain itu, ketika setiap hari melakukan kegiatan bervariasi, maka akan meminimalisir kebosanan.

Sehingga dapat bertahan lama kegiatan-kegiatan yang dilakukan.

Hindari Hal yang Tidak Diinginkan

Hal ini berarti melakukan hal yang tidak ingin dilakukan atau dengan kata lain mengerjakan sesuatu yang tidak diinginkan.

Ini juga merupakan salah satu bentuk Manajemen Waktu untuk guru yang dapat direalsisasikan.

Jika ada tugas yang dihindari, secara sadar atau tidak sadar, lakukan saja. Hal tersebut akan membuat Anda merasa lebih baik, dan Anda tidak akan membuang-buang waktu mencari-cari alasan agar tidak harus melakukan hal itu.

Coba Bekerjasama dengan Murid

Murid akan memiliki perasaan senang apabila guru meminta bantuannya. Karena murid akan merasa lebih dekat dengan guru.

Meminta bantuan murid untuk membagikan kertas ulangan atau mengumpulkan tugas. Gantian, usahakan semua murid yang ada di kelas mendapatkan bagian itu. Walaupun tidak dalam bentuk perintah yang sama.

Hal tersebut akan membantu meringankan tugas guru. Namun, ada manfaat lainnya, yaitu memperlakukan murid dengan adil. Sehingga tidak akan ada kecemburuan antara mereka.

Sebagai guru, mungkin tidak sengaja telah memperlakukan murid dengan beda. Hal tersebut pasti menjadi bahan gosip murid ketika sedang istirahat.

Jangan Sentuh Dua Kali

Ketika anda mengambil sesuatu, meletakkannya di sembarang tempat.  Kemudian Anda mendapati diri Anda terus-menerus memindahkan kertas yang sama di meja atau materi yang sama di sekitar kelas Anda, berhentilah.

Ingatlah aturan “jangan sentuh dua kali” dan gunakan beberapa detik tambahan untuk menaruh barang itu di tempatnya. Saran ini akan membuat Anda terorganisasi dengan baik dan menghemat waktu.

Menjaga Kehidupan Personal

Ya, kehidupan pribadi dan kehidupan guru sangatlah berkaitan langsung. Jika kehidupan rumah atau pribadi berjalan dengan baik, Anda dapat berfokus pada pekerjaan guru di sekolah, tanpa gangguan.

Satu cara yang dapat digunakan untuk menjaga kehidupan pribadi agar tetap teratur adalah dengan perencanaan kehidupan pribadi.

Ini berbeda dengan tips yang ketiga. Karena di poin ini lebih fokus pada kehidupan pribadi. Kebanyakan perencana kehidupan tidak sesuai dengan hidup, jadi buatlah perencana kehidupan yang bisa diatur penuh yang akan sesuai dengan kebutuhan.

Itulah beberapa tips dan trik  yang bisa digunakan sebagai referensi agar Anda lebih produktif. Pilihlah poin-poin yang dapat direalisasikan dalam jangka panjang. Sehingga dapat melihat perubahan dalam diri.

sumber: https://naikpangkat.com/tips-dan-trik-time-management-untuk-guru/

https://www.gurusd.id/2022/05/10-tips-dan-trik-manajemen-waktu-untuk-guru.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here