Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif di Kelas, Guru Wajib Tahu!

0
2
4 Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif di Kelas, Guru Wajib Tahu!
Pembelajaran Kreatif di kelas – photo istockphoto

Gurusd.id – Guru itu harus kreatif. Kerapkali kita mendengar statment tersebut. Kemudian, persoalan muncul kenapa selaku praktisi pembelajaran kita wajib kreatif? Dalam tulisan ini paling tidak terdapat 2 alasan kenapa guru dituntut wajib kreatif. 

Lahirnya generasi‘ alpha. Generasi alpha selaku pembelajar di abad ke 21 semenjak lahir sudah tahu internet, mereka terpapar dengan teknologi dalam kesehariannya memakai smartphone selaku perlengkapan komunikasi.

Dengan adanya pendidikan yang menarik serta teknologi yang tumbuh pesat sangat memungkinkan peserta didik akan termotivasi dalam belajar.

 

Guru wajib kreatif sebab kita tidak dapat memprediksi perkembangan teknologi di masa depan. Perkembangan teknologi yang begitu pesat seperti adanya platform video conference yang membolehkan penyampaian modul pada siswa tanpa butuh tatap muka secara langsung. 

Pendidikan ialah sebuah proses komunikasi dan interaksi antara peserta didik dengan guru serta sumber belajar dalam sesuatu lingkungan belajar.

Pendidikan merupakan proses untuk membantu peserta didik dalam memahami materi belajar lebih dalam, proses memperoleh ilmu dan pengetahuan, keahlian, pembentukan sikap percaya diri pada peserta didik. 

Selama ini masih banyak kita jumpai bahwa proses Pendidikan yang terjadi dilapangan terutama didalam kelas lebih dominan guru sebagai perantara atau fasilitator.

Padahal seharusnya yang menjadi objek belajar adalah mereka para peserta didik. Sehingga jika guru yang lebih dominan akan memungkinkan bagi peserta didik akan terasa membosankan dan cenderung malas belajar.

Maka diperlukanlah untuk memilih cara untuk menciptakan pembelajaran yang kreatif dikelas agar kelak outputnya mempunyai kemampuan yang tinggi. 

Sebagai seorang pendidik guru senantiasa dianjurkan untuk menyajikan materi ajar dengan cara  dan metode yang terupdate, karena peranan guru sangatlah penting dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.

Lalu Bagaimanakah Caranya Untuk Menciptakan Pembelajaran yang Kreatif di Kelas?

4 Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif di Kelas, Guru Wajib Tahu !

1. Mengaitkan Interaksi dengan Komunikasi 2 Arah.

Suasana belajar yang efisien ialah suasan dimana ada komunikasi yang berjalan dua arah yaitu antara peserta didik dan guru.

Kesuksesan pembelajaran tidak terlepas dari peran guru sebagai fasilitator yang tentu mempunyai keahlian dibidang keilmuannya serta mempunyai daya kreatif tinggi untuk mencapai suatu tujuan pembelajaran.

2. Inspirasi Materi Melalui Microblog.

Ini merupakan sebuah pembaruan pembelajaran kreatif yaitu dengan memanfaatkan teknologi sebagai media yang digunakannya.

Dengan menggunakan microblog guru dapat mernagkum pembelajaran dengan unik dan menarik krena ditambah dengan sentuhan visual dalam microblog.

3. Membuat Materi Pembeajaran dalam Bentuk Video. 

Dalam dunia pendidikan belakangan saat pandemi covid-19 pembelajaran jarak jauh menjadi solusi tepat agar proses belajar tetap berlangsung.

Pembelajaran jarak jauh seperti ini dapat dikemas dlam bentuk video pula bagi yang tidak memiliki daya kuota internet yang cukup.

Nah jika materi belajar dikbuat video kemudian di share kepada setiap peserta didik akan lebih efektif dan effisien, jadi guru didalam kelas hanya sebagai fasilitator seutuhnya.

4. Melakukan Penilaian Pembelajaran

Evaluasi adalah hal yang penting dalam segala hal, termasuk dalam proses pembelajaran.

Evaluasi akan mengetahui hasil dari proses pembelajaran sehingga apa yang kurang kedepannya ditambahkan dan yang sudah sempurna dipertahankan. 

Nah, demikianlah 4 Cara Menciptakan Pembelajaran Kreatif di Kelas, Guru Wajib Tahu ! agar dapat tercapai tujuan pembelajaran serta outpunya. Semoga bermanfaat!

sumber: indek-news.com

https://www.gurusd.id/2022/05/cara-menciptakan-pembelajaran-kreatif-di-kelas.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here