Class Meeting, Tradisi Seru Sehabis Ujian Semester

0
3
Class Meeting, Tradisi Seru Sehabis Ujian Semester
Ilustrasi kegiatan Class Meeting setelah Ulangan Semesteran

Gurusd.id – Sebagai siswa, kamu pasti melalui yang namanya masa ujian di sekolah. Biasanya sih, setelah ujian, kepalamu jadi puyeng karena seringkali intensitas belajar sebelum ujian lebih kencang dan selama ujian kamu diharuskan untuk berpikir lebih keras dalam menjawab soal ujian dengan tepat agar dapat nilai bagus.

Untuk itu, kamu perlu yang namanya kegiatan menyenangkan dan seru agar rasa stres setelah ujian bisa hilang.

Salah satu solusi yang diberikan oleh sekolah adalah melaksanakan class meeting. Udah pada tahu kan pas kegiatan ini ngapain aja?

Jangan-jangan kamu belum tahu lagi class meeting itu apa? Wah, kalau gitu kamu harus baca artikel ini sampai habis ya!

Class Meeting Adalah…

Pertemuan antar kelas atau class meeting adalah kegiatan ekstrakurikuler berupa pertemuan siswa antar kelas dalam bentuk perlombaan atau pertandingan yang seru.

Nah, yang mengelola kegiatan ini biasanya guru dan pengurus sekolah. Untuk tingkat SMP & SMA, bakal di urus sama anak OSIS.

Jadi, para guru dan anak OSIS akan menyusun setiap perlombaan yang akan diadakan saat class meeting berlangsung dan biasanya juga disediakan berbagai macam hadiah menarik untuk meningkatkan minat dari para siswa yang berpartisipasi.

Biasanya sih kegiatan yang paling umum adalah pertandingan olahraga seperti futsal, basket, voli atau badminton.

Selain kegiatan olahraga, ada juga kegiatan lainnya yang sifatnya akademis tapi tetap dilakukan dengan cara seru, seperti lomba puisi dan pidato, perlombaan da’i, mengaji, bahkan lomba menggambar dan melukis.

Yang lebih unik lagi, ada juga kok kayak lomba paskibra atau lomba kreativitas dan kebersihan kelas.

Salah satu tujuan utama dari kegiatan ini adalah sebagai sarana “penyegaran” untuk siswa sesudah melewati masa ujian sekaligus mempererat hubungan dan silaturahmi antar siswa di sekolah.

Berbagai Manfaat dari Class Meeting

Sebelumnya, kita sudah menyinggung bahwa salah satu manfaat dari class meeting adalah untuk meringankan pikiran dan mengurangi stres dari siswa setelah melewati masa ujian sekaligus mempererat hubungan antar siswa di sekolah.

Tapi manfaatnya nggak sampai disitu aja loh. Ada banyak juga yang bisa didapatkan dari kegiatan ini, seperti:

Mengisi Waktu yang Kosong

Waktu kosong yang dimiliki para siswa setelah melewati masa ujian ada baiknya diisi dengan kegiatan yang bermanfaat seperti class meeting ini.

Dengan begitu, waktu kegiatan di sekolah tidak akan terbuang sia-sia. Mereka bisa melatih diri sekaligus menunjukan berbagai macam bakat yang dimiliki.

Mencari Talenta Tersembunyi

Dari kegiatan yang seperti ini, sekolah bisa menemukan talenta-talenta dari siswa yang sebelumnya tidak terekspos saat masa pembelajaran berlangsung.

Bisa saja ada siswa yang memiliki kemampuan dalam bernyanyi atau menjadi pemain basket yang hebat dan bisa menjadi bagian dari tim basket sekolah.

Sehingga bisa dikembangkan secara lebih lanjut yang akhirnya mampu menghasilkan prestasi yang membanggakan untuk sekolah.

Melatih Persaingan yang Sehat

Perlombaan atau pertandingan yang sehat dan sportif bisa menumbuhkan rasa persaingan yang baik antar siswa.

Dengan rasa persaingan ini, siswa diharapkan bisa saling mendorong untuk bisa tumbuh dan menjadi individu yang lebih baik. 

Meringankan Pikiran

Ini dia manfaat paling utama dari kegiatan ini. Stres yang menumpuk pasca ujian bisa dikurangi dengan mengikuti kegiatan ini.

Siswa dapat bersenang-senang sambil berkompetisi untuk mendapatkan hadiah menarik dari sekolah. 

Itulah informasi mengenai class meeting yang merupakan kegiatan untuk menghilangkan stres setelah selesai dengan berbagai ujian di sekolah.

Nah, kalau di sekolah kamu kira-kira kegiatan class meetingnya seperti apa? Ada banyak lomba yang seru juga gak?

Atau kira-kira hadiahnya gimana? Semoga aja dengan adanya kegiatan ini, kamu bisa bersenang-senang ya dan nggak stres lagi sehabis menghadapi ujian.

sumber: https://www.kelaspintar.id/blog/edutech/class-meeting-tradisi-seru-sehabis-ujian-semester-8415/

https://www.gurusd.id/2022/04/class-meeting-tradisi-seru-sehabis-ujian-semester.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here