Membuat Desain Media Pembelajaran Lebih Menarik Untuk Di Kelas

0
6
Membuat Desain Media Pembelajaran Lebih Menarik Untuk Di Kelas
Desain Media Pembelajaran – Gambar istockphoto.com

Gurusd.id – Suasana belajar dan mengajar perlu dibuat sangat menarik hingga bisa membuat murid mudah mengerti materi yang disampaikan. Itulah kenapa ada pengajar yang mencoba banyak cara untuk membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan media pembelajaran yang menarik.

Media pembelajaran adalah salah satu hal penting dalam proses belajar. Karena, materi sebaik apapun, akan sulit dimengerti jika media pembelajarannya tidak cocok dengan suasana kelas, dan juga murid.

Itulah sebabnya, kita perlu untuk terus membuat dan menggunakan materi pembelajaran yang baik agar banyak murid lebih mudah belajar dan memahami materi ajar.

Membuat media pembelajaran yang baik memang terdengar sangat sulit dan merepotkan. Tapi, jika kita tahu apa saja tips dalam membuatnya, kita pasti akan bisa dengan mudah mengerjakannya dan membuat suasana belajar menjadi lebih menyenangkan.

Berikut ini adalah tips-tips yang bisa dilakukan untuk membuat media pembelajaran yang baik yang kami kutip melalui quipper.com

Persiapkan sendiri

Sebaik-baiknya media pembelajaran adalah yang dipersiapkan sendiri.

Memang kita bisa menggunakan media pembelajaran yang sudah ada atau menggunakan media yang sudah ada di Internet. Tapi, mempersiapkannya sendiri akan memberikan keuntungan lebih.

Pertama, kita bisa membuat media pembelajaran yang sangat cocok sesuai dengan karakteristik kelas atau murid yang kita ajar.

Kedua, kita bisa membuat media pembelajaran yang berkesinambungan alias saling berhubungan sepanjang tahun ajar. Sehingga memudahkan murid untuk memahami materi belajar sepanjang tahun.

Terakhir, membuat media pembelajaran sendiri akan memudahkan kita menyesuaikannya dengan perencanaan pembelajaran yang kita buat.

Sesuai dengan media pembelajaran

Seperti yang dibahas di atas, sebaiknya kita memiliki media pembelajaran yang sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang ada.

Hal ini penting agar nantinya murid tidak bingung dan bisa menyerap materi dengan lebih baik. Dengan menyesuaikannya dengan perencanaan pembelajaran, kita juga jadi tahu di mana saja dan kapan saja kita perlu membuat media pembelajaran.

Buat sederhana

Media pembelajaran bisa berupa video, flash card, poster, halaman presentasi, grafis, dan lain sebagainya. Apapun bentuknya, pastikan bahwa media pembelajaran tersebut dibuat dengan sederhana.

Media pembelajaran yang penuh dengan informasi akan membuat murid merasa penat, karena tertekan harus memproses terlalu banyak informasi dalam waktu singkat.

Buat media pembelajaran yang sederhana. Jika informasi yang disampaikan cukup banyak, bagi informasi tersebut dalam beberapa media pembelajaran. Jangan dipaksakan masuk menjadi satu.

Selalu beri informasi cara mengakses media pembelajaran

Selepas memberikan materi dengan menggunakan media pembelajaran, pastikan kita memberikan informasi tentang cara mengakses kembali media pembelajaran tersebut.

Hal ini karena sering kali ada banyak murid yang setidaknya perlu mempelajari materi ulang agar bisa memahami penuh.

Jangan sampai murid kehilangan akses tersebut, karena hal tersebut akan membuat banyak murid kesulitan mempelajari materi belajar yang diberikan.

Jika dibuat dalam bentuk fisik, informasikan cara untuk bisa melihatnya kembali. Jika diberikan dalam bentuk digital, akan sangat baik jika kita memberikan link untuk mengakses kembali materi belajar tersebut.

Desain materi pembelajaran dengan kreatif

Hal lain yang bisa membuat materi pembelajaran menjadi lebih menarik adalah desainnya yang kreatif. Ya, desain penuh warna bisa membuat murid tertarik untuk mempelajari materi ajar.

Kini, tidak sulit untuk mendesain materi pembelajaran yang kreatif. Kita bisa mencari inspirasi dari Internet dan mulai membuatnya sendiri hingga menjadi lebih menarik.

Untuk pengajar yang tidak punya waktu untuk membuat atau tidak bisa mendesain, tidak perlu khawatir karena kini media pembelajaran bisa dibuat dengan mudah dengan memanfaatkan situs desain gratis seperti Canva.

Cara mendesain media pembelajaran yang menarik

Saat ini membuat media pembelajaran dengan menarik bisa dilakukan dengan cukup mudah. Telah ada banyak template desain yang bisa digunakan, menjadikan pengajar bisa dengan mudah dan cepat membuat media ajar.

Salah satu caranya adalah dengan menggunakan template media pembelajaran yang ada di Canva. Semua pengajar bisa menggunakannya sendiri atau untuk berkolaborasi dengan pengajar lainnya secara langsung.

Pengajar bisa langsung melihat banyak contoh media pembelajaran dan menggunakannya. Atau, pengajar juga bisa membuat langsung media ajar dari nol sehingga media pembelajaran bisa sesuai dengan perencanaan pembelajaran yang sudah ada.

Akses untuk menggunakan Canva dengan optimal sendiri bisa dilakukan dengan menggunakan Canva untuk Pendidikan. 

Canva untuk Pendidikan sendiri adalah salah satu cara Canva memberdayakan civitas akademik untuk berkolaborasi sekaligus meningkatkan kualitas pendidikan lewat desain dan juga cara mengajar yang inovatif.

Lewat Canva untuk Pendidikan, murid juga bisa langsung mendesain untuk membuat tugas, presentasi, atau bahkan membuat karya lainnya. 

Sementara guru atau pengajar bisa dengan mudah membuat media dan perencanaan pembelajaran, penilaian, atau bahan ajar lainnya.

https://www.gurusd.id/2022/09/membuat-desain-media-pembelajaran-lebih-menarik-di-kelas.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here