Pembelajaran Matematika Dengan Metode Gasing di SD

0
8
Pembelajaran Matematika Dengan Metode Gasing di SD
Pembelajaran Matematika. Photo istockphoto.com

Gurusd.id – Gasing adalah singkatan dari Gampang, Asik dan menyenangkan, jadi pembelajaran matematika dengan metode gasing yaitu bagaimana caranya agar pelajaran matematika itu dapat dipahami oleh peserta didik dengan gampang, asik dan menyenangkan.

Pembelajaran matematika kepada siswa-siswi SD yang terpenting adalah penguasaan murid terhadap hitungan. Pembelajaran matematika untuk tingkat SD lebih banyak menggunakan peragaan, karena mereka masih senang bermain bukan ?

Dengan mempraktekkan pelajaran berhitung dalam suatu kegiatan mereka. Secara tidak sadar anak murid telah belajar matematika.

Dikutip dari laman pmat.uad.ac.id, Guru pelajaran matematika dapat berkreasi dengan imajinasi mereka dengan cara membuat suatu kegiatan yang bisa menarik perhatian murid sambil menyisipkan pelajaran berhitung.

Pembelajaran matematika juga dapat dilakukan dengan bantuan komputer. Yaitu lewat games yang mendidik, Seperti games tembak-menembak. Apabila muncul angka 5 + 4 mereka harus menembak angka sembilan.

Pembelajaran dengan metode gasing tentu anak tidak bosan dan akhirnya stigma bahwa matematika dan sains itu susah akan terkikis.

Pembelajan sains untuk siswa sd juga bisa dilakukan dengan gerak, karena materi mereka masih seputar anggota tubuh bukan. 

Guru pelajaran matematika dapat menari/berjoget bersama anak-anak murid sambil menerangkan, bahwa ketika kita bergerak tulang mana saja yang bergerak dan menerangkan ke murid sambil praktek langsung.

Untuk menumbuh kembangkan kecintaan anak terhadap pelajaran matematika tidak bisa diserahkan kepada guru matematika 100% peran orang tua di rumah penting untuk tetap menjaga ketertarikan anak terhadap pelajaran matematika dan sains.

Ajaklah anak-anak bermain bersama sambil belajar sehingga anak tidak sadar sedang belajar berhitung dengan orang tua.

Matematika dengan Metode Gasing

Metode GASING adalah suatu metode pembelajaran matematika dengan langkah demi langkah yang membuat anak menguasai matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan.

Kunci metode GASING ini adalah proses langkah demi langkah, yang disusun sedemikian rupa sehingga penguasaan materi dibangun dari pemahaman materi sebelumnya. 

Dikutip dari laman surya.ac.id, Pentingnya proses langkah demi langkah ini dalam metode GASING  tercermin sewaktu anak-anak belajar suatu topik, ada titik kritis yang harus mereka lewati.

Setelah mencapai titik kritis ini mereka tidak akan sulit lagi mengerjakan soal dalam topik tersebut.

Dalam pembelajaran metode GASING ini anak-anak diajak bermain dan bereksplorasi dengan alat peraga sehingga benar-benar terasa dan terbayang konsep yang ingin disampaikan.

Jadi yang abstrak selalu diawali dengan sesuatu yang konkrit, sehingga anak-anak dapat jauh lebih mudah mengerti dan mengaplikasikan konsep yang diajarkan.

Salah satu ciri khas lain dari metode GASING adalah anak-anak dapat melakukan perhitungan di luar kepala (mencongak) dengan cepat.

Contohnya anak-anak dapat melakukan perkalian 121 x 212 secara mencongak. 

Anak-anak juga menyelesaikan soal cerita dengan pendekatan logika dan eksplorasi, tanpa perlu menghafal rumus yang terkadang mengaburkan apa yang menjadi esensi suatu permasalahan.

Selain itu, pembelajaran matematika GASING disampaikan dengan cara yang menyenangkan, selain bermain dengan alat peraga, anak-anak menyanyikan lagu untuk menghafal perkalian misalnya, atau bermain sebuah “games” berhitung yang seru.

Dengan begitu anak-anak terdorong untuk belajar terus menerus tanpa paksaan, ini yang dimaksud dengan asyik dan menyenangkan dalam GASING.

Dengan pembelajaran metode  GASING yang efektif dan menyenangkan ini, maka anak dapat menyelesaikan seluruh materi  matematika SD selama 6 tahun dalam waktu 6 bulan. 

12 Hal yang Membuat Metode GASING Istimewa

  • Menembus segala dimensi umur, metode GASING tidak hanya cocok dipelajari anak-anak, tapi juga orang dewasa.
  • Selalu diawali dengan konkret (bukan abstrak), sehingga sangat mudah dimengerti.
  • Menghitung CEPAT (tambah, kali, kurang, bagi)  tanpa alat.
  • Menghitung dengan mencongak, sehingga anak-anak harus membayangkan hasil-hasil yang telah dihitung, hal ini akan memacu kerja otak kanan, dengan banyaknya imaginasi, anak-anak akan lebih kreatif.
  • Meningkatkan IQ, mengerjakan soal-soal matematika GASING terbukti kecerdasan intelektualnya semakin meningkat.
  • Meningkatkan EQ, anak-anak akan lebih mandiri, disiplin, bertanggungjawab, dan jujur.
  • Meningkatkan AQ, punya daya juang yang tinggi.
  • Psikomotorik meningkat, karena mengerjakan soal-soal matematika memacu ketrampilan tangan.
  • Seluruh materi Matematika GASING sesuai kurikulum sekolah.
  • Efisiensi WAKTU, HANYA butuh 6 bulan menyelesaikan seluruh materi SD 6 tahun.
  • Mengurangi kepikunan (tambah awet muda lho…).
  • Meningkatkan kesehatan (membakar kolesterol).

Terimakasih telah berkunjung di Komunitas Guru SD, Semoga bermanfaat

https://www.gurusd.id/2022/08/pembelajaran-matematika-dengan-metode-gasing-di-sd.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here