Refleksi Diri, Apakah Anda Cocok Menjadi Guru?

0
2
Refleksi Diri, Apakah Anda Cocok Menjadi Guru?
Ilustrasi Guru mengajar, Photo: istockphoto.com

Gurusd.id – Pekerjaan dalam mengajar bisa memuaskan sekaligus menantang. Guru yang baik membuat dampak positif pada siswa setiap hari. Mereka tidak hanya mengajari siswa keterampilan akademik, tetapi juga bagaimana berperilaku dengan benar, bagaimana bersosialisasi dengan orang lain, dan bagaimana bekerja keras untuk mencapai tujuan.

Jika Anda mengharapkan pekerjaan di mana Anda dapat berkontribusi pada masyarakat dan membuat perbedaan nyata di dunia, maka Anda dapat mempertimbangkan profesi mengajar.

Banyak yang memilih menjadi pendidik karena karir yang panjang dan memuaskan, meskipun ada beberapa yang pensiun lebih awal untuk mencari pekerjaan lain, karena berbagai alasan.

Sebelum Anda meluangkan waktu dan energi untuk sertifikasi dan pendidikan yang diperlukan untuk menemukan posisi mengajar, sangat penting untuk memastikan bahwa Anda tepat untuk pekerjaan itu dan bahwa pekerjaan itu tepat untuk Anda.

Guru bekerja dengan anak-anak atau orang dewasa di kelas atau pengaturan pembelajaran lainnya. Pengaturan pembelajaran mencakup sekolah negeri atau swasta, sekolah nonformal, dan lain-lain.

Guru SD, SMP, dan SMA memainkan peran penting dalam membentuk kehidupan dan masa depan anak-anak, mengajar di bidang akademik seperti seni, bahasa dan matematika serta keterampilan pribadi seperti perilaku dan disiplin.

Guru harus memiliki pemahaman yang sangat baik tentang materi pelajaran mereka dan kemampuan untuk secara efektif mengkomunikasikan pengetahuan mereka kepada orang lain.

Seorang guru dapat mengajar semua mata pelajaran atau mengkhususkan diri dalam satu atau dua mata pelajaran.

Biasanya, guru taman kanak-kanak dan sekolah dasar mengajar satu kelompok anak dalam berbagai mata pelajaran, termasuk membaca, sains, dan matematika.

Guru sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas umumnya berkonsentrasi pada satu atau dua mata pelajaran khusus, seperti matematika atau sains.

Dalam area yang lebih luas ini, seorang guru dapat mengajar beberapa mata kuliah. Misalnya, seorang guru sekolah menengah yang berspesialisasi dalam bidang subjek sains mungkin mengajar mata kuliah kimia, biologi, dan fisika.

Untuk mengajar di sebagian besar spesialisasi, diperlukan gelar dan sertifikasi di bidangnya.

Minat dan Bakat Anda untuk menjadi Guru

Untuk mengetahui apakah pendidikan benar-benar pekerjaan yang tepat untuk Anda, pastikan Anda memiliki pemahaman tentang apa yang membuat seorang guru yang baik dan bahwa Anda memiliki keterampilan dan karakteristik yang sesuai dengan mengajar.

Untuk menjadi guru yang baik, Anda harus menikmati berada di sekitar orang lain dan berinteraksi dengan mereka, terutama anak kecil atau kaum muda karena Mengajar adalah pekerjaan sosial yang melibatkan interaksi terus-menerus dengan orang lain.

Guru yang baik juga harus sabar. Jika Anda mudah marah, lingkungan sekolah mungkin bukan tempat kerja yang tepat untuk Anda.

Guru fleksibel dan pandai dalam mengambil keputusan dengan cepat. Mereka harus dapat membuat penyesuaian ketika segala sesuatunya tidak berjalan sesuai rencana (karena seringkali tidak).

Guru harus tegas sampai batas tertentu dan mampu menegakkan aturan, tetapi mereka juga harus memilih pertempuran mereka.

Yang terpenting, guru peduli. Mereka peduli dengan siswa mereka dan keberhasilan siswa. Tanpa karakteristik ini, menjadi seorang guru akan menjadi tugas setelah beberapa saat.

Jika Anda merasa bersemangat tentang bidang konten tertentu atau tentang pembelajaran secara umum dan Anda benar-benar peduli dengan orang lain, Anda memiliki potensi untuk menjadi guru yang hebat.

Magang di Sekolah, atau Menjadi Guru Pengganti

Untuk benar-benar memahami pekerjaan dan memutuskan apakah itu tepat untuk Anda, temukan cara untuk masuk ke kelas.

Guru yang berpengalaman dapat memberi tahu Anda seperti apa karier mereka dan itu adalah tempat yang sangat baik untuk memulai.

Jika Anda masih tertarik, hubungi sekolah setempat untuk mengetahui apakah Anda dapat menjadi sukarelawan atau menghabiskan satu hari atau lebih untuk membayangi seorang guru.

Sebagai sukarelawan, Anda mungkin dapat membantu di kelas sebagai asisten. Saat melakukan bayangan, Anda mungkin dapat mengunjungi ruang kelas dan tingkat kelas yang berbeda untuk mendapatkan gambaran tentang apa yang dilakukan oleh guru yang berbeda.

Anda juga dapat mempertimbangkan menjadi guru pengganti sebagai cara untuk memperkenalkan diri Anda pada profesi guru.

Buat Pertimbangan Praktis

Sekarang setelah Anda memeriksa karakteristik seorang guru dan mengamati tindakan guru, Anda harus melihat pertimbangan praktisnya.

Pikirkan tentang gaji , pendidikan yang Anda perlukan , persyaratan sertifikasi , dan ketersediaan pekerjaan di area target Anda sebelum membuat keputusan akhir tentang karir mengajar.

https://www.gurusd.id/2022/04/refleksi-diri-apakah-anda-cocok-menjadi-guru.html

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here