Sabtu, 08-06-2024
  • Selamat Datang Di Website Sekolah Dasar Negeri Harjamukti Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten.

Perpustakaan

Sekolah Dasar Negeri Harjamukti, terletak di  Kelurahan Sawah Luhur Kecamatan Kasemen Kota Serang, memiliki sebuah perpustakaan yang menjadi sumber inspirasi dan pengetahuan bagi para siswa. Dengan motto “Membaca adalah Jendela Dunia,” perpustakaan ini tidak hanya menjadi tempat untuk membaca, tetapi juga pusat kegiatan edukatif yang mendukung perkembangan literasi dan kreativitas anak-anak.

Mengapa Perpustakaan Penting?

Perpustakaan sekolah memiliki peran vital dalam mendukung proses belajar mengajar. Di SDN Harjamukti, perpustakaan berfungsi sebagai ruang terbuka bagi siswa untuk mengeksplorasi berbagai topik di luar kurikulum formal. Dengan koleksi buku yang beragam, mulai dari buku pelajaran, cerita anak, ensiklopedia, hingga buku-buku motivasi, perpustakaan ini menyediakan sumber daya yang kaya bagi semua kalangan siswa.

Fasilitas dan Koleksi

Perpustakaan SDN Harjamukti menempati ruangan yang luas dan nyaman, dilengkapi dengan rak-rak buku yang tersusun rapi. Terdapat sudut baca yang dilengkapi dengan bantal-bantal empuk dan karpet, memberikan suasana yang hangat dan mengundang bagi siswa yang ingin membaca dengan santai. Selain itu, tersedia juga komputer dengan akses internet yang memungkinkan siswa mencari informasi tambahan untuk tugas sekolah mereka.

Koleksi buku di perpustakaan ini terus diperbarui secara berkala. Buku-buku baru yang menarik dan sesuai dengan perkembangan zaman selalu ditambahkan ke dalam koleksi. Tak hanya buku, perpustakaan ini juga menyediakan berbagai majalah, jurnal anak, dan multimedia edukatif yang dapat dinikmati oleh para siswa.

Kegiatan Literasi

Tidak hanya sekadar menyediakan buku, perpustakaan SDN Harjamukti juga aktif mengadakan berbagai kegiatan literasi. Setiap minggu, diadakan sesi “Storytelling Time” di mana guru atau pustakawan membacakan cerita untuk para siswa. Kegiatan ini tidak hanya meningkatkan minat baca, tetapi juga memperkuat kemampuan mendengarkan dan memahami cerita.

Selain itu, terdapat program “Book Club” yang mengajak siswa untuk membaca buku tertentu dan mendiskusikannya bersama. Program ini bertujuan untuk melatih kemampuan analisis dan kritis siswa terhadap isi buku yang mereka baca. Ada juga workshop menulis kreatif, di mana siswa diajarkan cara menulis cerita pendek atau puisi, yang kemudian karyanya dipajang di papan pengumuman perpustakaan.

Peran Pustakawan

Keberhasilan perpustakaan SDN Harjamukti tidak lepas dari peran aktif pustakawan. Mereka tidak hanya bertugas menjaga dan merapikan buku, tetapi juga berperan sebagai fasilitator dalam berbagai kegiatan literasi. Pustakawan di sini juga terlibat dalam memberikan rekomendasi buku kepada siswa, membantu mereka mencari informasi, serta memberikan pelatihan penggunaan perpustakaan dan literasi informasi.

Tantangan dan Harapan

Seperti perpustakaan sekolah lainnya, perpustakaan SDN Harjamukti juga menghadapi berbagai tantangan, mulai dari keterbatasan anggaran hingga perkembangan teknologi yang mengubah cara siswa mengakses informasi. Namun, dengan semangat yang tinggi dan dukungan dari berbagai pihak, perpustakaan ini terus berupaya untuk berinovasi dan beradaptasi dengan perubahan zaman.

Harapannya, perpustakaan SDN Harjamukti dapat terus berkembang dan menjadi pusat literasi yang tidak hanya mendukung kegiatan belajar mengajar, tetapi juga membentuk generasi muda yang cinta membaca dan berpengetahuan luas. Dengan perpustakaan yang aktif dan dinamis, SDN Harjamukti membuktikan bahwa perpustakaan sekolah adalah jantung pendidikan yang berdenyut kuat di tengah-tengah komunitas.**

Fasilitas Lainnya