Minggu, 09-06-2024
  • Selamat Datang Di Website Sekolah Dasar Negeri Harjamukti Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten.

APLIKASI Raport Kurikulum Merdeka (IKM) di Sekolah Dasar

Diterbitkan :

Indonesia terus berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan, dan pada tahun 2020, diperkenalkanlah Kurikulum Merdeka sebagai langkah revolusioner dalam menggali potensi siswa. Pada tingkat Sekolah Dasar (SD), Raport Kurikulum Merdeka menjadi suara yang menceritakan perjalanan pendidikan anak-anak, tidak hanya dalam aspek akademis, tetapi juga pengembangan karakter dan keterampilan. Mari kita menjelajahi bagaimana Raport Kurikulum Merdeka menjadi katalisator perubahan pendidikan di level dasar.

1. Inovasi dalam Penilaian

Salah satu elemen kunci Kurikulum Merdeka adalah pendekatan penilaian yang lebih holistik. Raport bukan lagi hanya mencerminkan angka-angka hasil tes, melainkan melibatkan penilaian kompetensi, keterampilan, dan pencapaian lainnya. Ini menciptakan gambaran yang lebih lengkap tentang kemajuan siswa, memberikan penghargaan tidak hanya untuk kecerdasan akademis, tetapi juga perkembangan karakter dan keterampilan sosial.

2. Pembelajaran Tematik dan Terintegrasi

Raport Kurikulum Merdeka menggambarkan pembelajaran tematik dan terintegrasi di kelas-kelas SD. Mata pelajaran tidak lagi diajarkan secara terpisah, melainkan diintegrasikan dalam tema tertentu. Ini memungkinkan siswa untuk melihat hubungan antarbidang ilmu, memberikan mereka pemahaman yang lebih mendalam dan kontekstual terhadap pengetahuan yang diperoleh.

3. Peran Aktif Siswa dalam Evaluasi

Kurikulum Merdeka menekankan peran aktif siswa dalam proses evaluasi. Raport bukan hanya sebagai alat untuk mengukur, tetapi juga sebagai sarana pembelajaran. Siswa didorong untuk merenung pada prestasi mereka, mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan, serta merumuskan strategi perbaikan. Ini tidak hanya menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif, tetapi juga membantu siswa mengembangkan keterampilan refleksi yang sangat berharga.

4. Pengembangan Karakter dan Keterampilan Hidup

Raport Kurikulum Merdeka tidak hanya fokus pada prestasi akademis, tetapi juga menilai pengembangan karakter dan keterampilan hidup siswa. Kemampuan berpikir kritis, kreativitas, komunikasi efektif, dan kemampuan bekerja sama menjadi nilai tambah yang diakui. Ini mencerminkan kesadaran bahwa pendidikan bukan hanya tentang menghafal fakta, tetapi juga membentuk individu yang siap menghadapi tantangan dunia nyata.

5. Keterlibatan Orang Tua yang Aktif

Raport Kurikulum Merdeka menjadikan orang tua mitra penting dalam pendidikan anak-anak. Orang tua diundang untuk terlibat aktif dalam mendukung proses pembelajaran. Melalui raport, mereka dapat melihat perkembangan anak-anak secara holistik dan berkontribusi pada pengembangan karakter dan keterampilan anak di luar lingkungan sekolah.

6. Tantangan dan Kolaborasi Menuju Sukses

Meskipun penuh potensi, implementasi Raport Kurikulum Merdeka juga dihadapkan pada tantangan. Perlu adanya kolaborasi yang kuat antara guru, siswa, orang tua, dan pemerintah untuk mengatasi tantangan tersebut. Pelatihan yang tepat, sumber daya yang memadai, dan komunikasi terbuka menjadi kunci keberhasilan dalam menerapkan kurikulum ini.

Kesimpulan

Raport Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar mewakili langkah revolusioner dalam dunia pendidikan Indonesia. Dengan menekankan penilaian holistik, pembelajaran tematik, peran aktif siswa, pengembangan karakter, dan keterlibatan orang tua, raport ini menjadi cermin dari perubahan mendalam dalam pendekatan pembelajaran. Dengan kolaborasi dan komitmen semua pihak, diharapkan Raport Kurikulum Merdeka akan menjadi landasan kokoh dalam membentuk generasi muda yang cerdas, berdaya saing, dan berintegritas.

Bagi teman-teman yang mau mencoba menggunakan Raport Kurikulum Merdeka Silahkan Unduh disini Format Excel : APLIKASI Raport Kurikulum Merdeka Untuk Sekolah Dasar


PETUNJUK PENGGUNAAN APLIKASI RAPORT IKM

  1. Sebelum mengisi raport perhatikan Alur Tujuan Pembelajaran  (KD pada kurikulum 2013)
  2. Batasi pengisian raport dengan melihat program tahunan untuk membedakan ATP pada semester 1 dan semester 2
  3. Bila ada ATP yang ingin ditambahkan bisa dilakukan dengan mengisi kolom pada ATP dan merubah rumus pada NA1 dan NA2 dengan kode locksheet 02
  4. Isi data diawali dengan mengisi DATA SEKOLAH yang berisi tentang identitas sekolah. Identitas kelas, identitas guru, identitas kepala sekolah, dan titimangsa raport
  5. Dilanjutkan dengan mengisi DATA SISWA yang berisi data siswa, Deskripsi Ekstra kurikuler, dan absensi, UNTUK P5 DIISI DIBAGIAN SHEET P5 JANGAN DIISI DI DATA
  6. SM adalah Sumatif sebagai isian rerata laporan assesmen
  7. Perhatikan petunjuk untuk pengisian batas kelas pada bagian atas ATP
  8. JANGAN SALAH MENGISI KOLOM NILAI HARUS SESUAI PETUNJUK.

Semoga bermanfaat =)