Minggu, 09-06-2024
  • Selamat Datang Di Website Sekolah Dasar Negeri Harjamukti Kecamatan Kasemen Kota Serang Provinsi Banten.

Pelaksanaan Kegiatan ANBK

Diterbitkan :

Pendidikan adalah hal yang sangat penting dalam perkembangan masyarakat dan individu. Seiring dengan perkembangan teknologi, pendidikan di Indonesia pun mengalami transformasi signifikan. Salah satu inovasi terbaru dalam dunia pendidikan adalah ANBK (Asesmen Nasional Berbasis Komputer). ANBK adalah program asesmen yang dilakukan secara daring menggunakan komputer, dan ini tidak hanya berlaku di tingkat sekolah menengah atau perguruan tinggi, tetapi juga di tingkat sekolah dasar.

Apa Itu ANBK di Sekolah Dasar?

ANBK adalah singkatan dari Asesmen Nasional Berbasis Komputer. Ini adalah sebuah program yang bertujuan untuk mengukur pencapaian siswa dalam berbagai mata pelajaran dengan menggunakan teknologi komputer. Program ini telah diterapkan di tingkat sekolah dasar untuk memberikan gambaran yang lebih baik tentang kemampuan belajar siswa, meningkatkan akuntabilitas sekolah, dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia.

Tujuan ANBK di Sekolah Dasar

  1. Mengukur Pencapaian Siswa: ANBK membantu guru dan pihak sekolah untuk mengukur sejauh mana siswa telah memahami materi pelajaran. Ini memberikan informasi yang akurat tentang kekuatan dan kelemahan siswa dalam berbagai mata pelajaran.
  2. Meningkatkan Standar Pendidikan: Dengan ANBK, standar pendidikan di sekolah dasar menjadi lebih transparan. Hasil yang dihasilkan dari asesmen ini dapat membantu pihak sekolah dan pemerintah untuk mengevaluasi program pembelajaran dan menentukan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.
  3. Memfasilitasi Perbandingan Nasional: ANBK memungkinkan perbandingan pencapaian siswa di seluruh negeri. Hal ini memungkinkan pembandingan antara sekolah, daerah, dan provinsi, dan memungkinkan pengambilan kebijakan pendidikan yang lebih efektif.
  4. Mengembangkan Keterampilan Komputer: ANBK juga membantu siswa di sekolah dasar untuk mengembangkan keterampilan komputer. Dalam dunia yang semakin tergantung pada teknologi, memiliki pemahaman dasar tentang penggunaan komputer sangat penting.

Bagaimana ANBK Dilaksanakan di Sekolah Dasar?

BACA JUGA : Contoh Proposal ANBK ( Asesmen Nasional Berbasis Komputer ) T.A 2023

Pelaksanaan ANBK di sekolah dasar melibatkan beberapa langkah, antara lain:

  1. Pendaftaran Siswa: Siswa yang akan mengikuti ANBK harus mendaftar dan mendapatkan informasi mengenai jadwal dan aturan pelaksanaan ujian.
  2. Pengujian: ANBK biasanya dilakukan secara daring di pusat-pusat ujian khusus. Siswa akan menghadapi komputer yang telah diatur dengan soal-soal asesmen sesuai dengan kelas mereka.
  3. Pengawasan dan Pengawas: Ujian ANBK diawasi oleh pengawas yang bertanggung jawab untuk memastikan bahwa proses berlangsung dengan adil dan sesuai dengan peraturan.
  4. Evaluasi Hasil: Hasil ujian ANBK akan dievaluasi, dan laporan kemajuan siswa akan diberikan kepada pihak sekolah dan orang tua siswa.
  5. Tindak Lanjut: Hasil ANBK digunakan oleh guru dan pihak sekolah untuk mengidentifikasi siswa yang memerlukan bantuan tambahan dalam pembelajaran.

ANBK adalah alat yang berguna dalam memantau dan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia, termasuk di tingkat sekolah dasar. Dengan penerapan teknologi dalam pendidikan, diharapkan siswa dapat lebih siap menghadapi tantangan masa depan dan bersaing dalam dunia global yang semakin digital.***

Pengumuman Lainnya